Koleksi Informasi Headline Animator

Selasa, 23 November 2010

Mengenal Elemen Kehidupan III


Definisi
Angin adalah udara yang bergerak mengikuti tekanan suhu dari suatu tempat lebih rendah ke tempat yang bersuhu lebih tinggi.

Proses terjadinya
Erat kaitannya dengan seberapa banyak dan lamanya sinar matahari menyinari suatu tempat atau wilayah. Angin juga dapat terjadi akibat gerakan mendorong dari suatu benda atau materi yang dilakukan terus menerus contohnya : menggerakkan telapak tangan terbuka secara berulang-ulang dengan jarak tertentu seperti saat kita berkipas-kipasan.



Angin juga dapat membawa beberapa partikel yang bersifat menimbulkan aroma. Pada kejadian tertentu dalam tekanan yang besar angin mampu mengangkat apapun yang dilewatinya, ini bisa kita lihat pada kejadian alam seperti terjadinya angin topan atau puting beliung yang dikarenakan pertemuan dari berbagai arah pada titik tertentu mengakibatkan terjadinya pusaran angin. Bila dibarengi dengan kejadian alam lainnya seperti hujan akan mengakibatkan munculnya petir atau kilatan di sekitarnya.

Fungsi angin
Secara umum angin dapat dikatakan berfungsi menurunkan temperatur panas sesuai dengan sifatnya yang mencari tempat atau wilayah bersuhu lebih tinggi dari pada tempat asal datangnya. Jadi angin bisa dibilang adalah penyeimbang otomatis temparatur bumi karena mampu membawa partikel-partikel air (penahan panasnya matahari) yang menguap karena dipanaskan oleh matahari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar